Minggu, 17 Oktober 2010

KOMPUTER DAN MASYARAKAT

<
KOMPUTER DAN MASYARAKAT

•KOMPUTER di gunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan,mengelolah,dan mengambil kembali data atau informasi yang di perlukan.

Berbagai aktivitas kehidupan manusia dengan menggunakan computer :

1. Perbankan 7. seri
2. Perdagangan 8. penelitian
3. Industry 9. rekreasi
4. Transportasi 10. hankam
5. Rumah sakit 11. komunikasi
6. Pendidikan

BIDANG PERBANKAN :
 System uang elektronik (ATM,Kartu Kredit dan Debit)
 Penyimpanan data
 Pemrosesan transaksi secara online
 Pembayaran tagihan secara online

BIDANG PERDAGANGAN
~ memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak
~ menyimpan hasil transaksi,persedian barang-barang(stock)
~ pembuatan laporan keuangan,faktur,surat-surat,dokumen dll
~ selain pembayaran tunai bias juga secara elektronik


BIDANG INDUSTRI
 CAM_computer aided manufacturing untuk meningkatkan produktivitas
 CAD_computer aided design untuk merancan produk-produk industry missal : mobil dll
 Penggunaan robot yang di kendalikan oleh computer dari jarak jauh

BIDANG KEDOKTERAN
^ membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien
^ CAT_computer axialtomography untuk menhasilkan gambar sinar
Bergerak
^ mebantu tuna netra membaca dengan teks khusus
^ menyimpan riwayat penyakit pasien,penggajian karyawan RS
^ mengelolaan persediaan obat-obatan.

BIDANG PENDIDIKAN
 CBE : computer based education sebagai alat pembelajaran
 CAI : computer assisted instruction di gunakan pendidik menyampaikan arahan dalam pembelajaran.
 Menyimpan data-data pendidik dan para murid,materi belajar dan soal ujian maupun latihan.


BIDANG SENI
 SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat music sepertu gitar,piano.
 Untuk proses penciptaan lagu.
 Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun.




BIDANG PENELITIAN
 Penyelidikan tenaga nuklir dan pemprosesan data.
 Penelitian ruang angkasa.
 Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.


BIDANG REKREASI
 Sumber alat rekresi seperti games on-line
 Roller coaster yang dikendalikan oleh computer.

BIDANG HAKAM
 Kapal perang dan kapal terbang di pasang peralatan computer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih cepat.
 Untuk simulasi perang atau terbang.

BIDANG KOMUNIKASI
 Telekomunikasi yaitu teleconference.
 E-mail,voice mail dll
 Modem sebagai alat sarana komunikasi antar computer dengan internet.



ISU SOSIAL

DAMPAK POSITIF
 Komunikasi yang lebih baik.
 Transportasi data yang cepat dan aman.
 Pekerjaan lebih cepat dan akurat
 Efisien tennaga kerja.



DAMPAK NEGATIF
 Manusia tergantung dengan computer.
 Kehilangan pekerjaan karena computer lebih cepat dan teliti.
 Hacker yang meru\sak data-data dalam computer walaupun sudah di password



ETIKA & KEAMANAN SISTEM INFORMASI

ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI, MENCAKUP :


1. Privasi
Hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan
oleh orang lain yang memang tidak diberi ijin untuk melakukannya.

2. Akurasi
Merupakan faktor yang harus dpenuhi oleh sebuh system informasi.
Ketidakakurasian informasi menimbulkan hal yang mengguanggu,merugikan dan bahkan membahayakan.

3. Properti
*Hak Cipta (copyright)
Hak yang dijamin oleh kekutan hukum yang melarang penduplikasian
Intelektual tanpa seizing pemeganya.
*Paten
Betuk perlindungan terhadap kekayaan intelektual yang paling sulit
Didapatkan karena hanya akan diberikan pada penemuan-penemuan
inovatif.
*Rahasia Perdagangan( trade secret )
Melindungi kekayaan intelekual melalui lisensi atau kontrak

4. Akses
Pada penyedian akses adalah pada penyediaan akses untuk semua
kalangan. Teknologi informasidi harapkan malah tidak menjadi halangan
dalam melakukan pengaksesan terhadap informsai bagi kelompok tertentu.






MASALAH KEAMANAN DALAM SISTEN INFORMASI

*ANCAMAN TERHADAP SISTEM INFORMASI
1.Ancaman pasif
a. Bencana alam & politik
contoh :gempa bumi,banjir,perang,kebakaran
b. Kesalahan Manusia
contoh :kesalah memasukkan & penghapusan data
c. Kegagalan Sistem
contoh :ganguan listrik,kegagalan peralatan & fungsi softwere
2. Ancaman Aktif
.Kecurangan & kejahatn computer
.Penyelewengan aktivitas
.Penyalahgunaan kartu kredit
.Sabotase
.Pengaksesan oleh orang tidak berhak
.Program yang jahat /usil
Contoh:virus,cacing,Trojan,bom waktu


*ENAM (6) METODE PENETRASI TERHADAP SISTEM BERBASIS KOMPUTER

1. pemanipulasian masukan,merupakan metode paling banyk dlakukan
karena tanpa memerlukan ketrampilan teknis yang tinggi
2. penggantian program,biasa dilakukan oleh spesialis informasi
3. pengubahan berkas secara lansung,dilakukan oleh orang yang mempunyai akses lansung terhadap basis data.
4. pencurian data,dengan kecanggihan menbak atau menjebol passwor dilakukan orang dalam untuk dijual.
5. sabotase,tindakan masuk ke dalam system tanpa otorisasi dsebut hacking,antra lain :denial of service ,sniffer,spoofing Berbagai kode jahat yang menjadi ancmanan bagi system computer virus,cacing,Trojan,bom waktu
6. penyalahgunaan dan pencurian sumber daya komputasi
Bentuk pemanfaatan secara illegal terhadap sumber daya computer oleh pegwaai dalam rangka menjalankan sendiri.


* HACKER & CRACKER


o Hacker,para ahli computer yang memiliki kekhusuran dalam menjebol sistem computer dengan tujuan untuk publisitas
o Craker,penjebol sistem computer yang bertujuan melakukan pencurian dan merusak sistem


Beberapa teknik yang digunakan untuk melakukan hacking :

Danial of service
Dilaksanakan dengan cara membuat permintaan yang sangat banyak terhadap suatu situs sehingga sistem menjadi macet dan kemudian dengan mencari kelemahan pada sistem si pelaku melakukan serangan terhadap sistem.

Sniffer
Diimplemntasikan dengan menbuat program yang dapat melacak paket data seseorang ketika paket tersbut melintasi internet,menangkap password atau menangkap isinya.

Spoofing
Melakukan pemalasun alamat e-mail atau web dengan tujuan menjebak pemakai agar memasukkan informasi yang penting ,seprti password atau nomor kartu kredit.


* BERBAGAI KODE YANG JAHAT ATAU USIL JUGA MENJADI ANCMAN BAGI SISTEM KOMPUTER


-Virus
Virus berupa penggalan kode yang dapat menggandakn dirinya sendiri dengan cara menyalin kode dan menempelkan ke berkas program yang dapat dieksekusi.
Jenis-jenis: Virus Makro, Virus Boot Sector, Stealth Virus
Contoh : Varian W97M , Varian virus wyx, Yankee.XPEH.4928

-Cacing(worm)
Program yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menulari kamputer-komputer dalam jaringan.
Contoh: ADMw0rm, Code Red, LoveLetter,

-Bom logika/ Bom waktu (logic tim bomb)
Program yang beraksi karena di picu oleh sesuatu kejadian atau setelah selang waktu berlalu.

-Kuda Trojan (Trojan horse)
Program yang dirancang agar dapat dgunakan untuk menyusup ke dalam sistem.
Contoh:


PENGENDALIAN SISTEM INFORMASI

MACAM KONTROL

Kontrol administrative






Kontrol pengembangan dan pemliharan sistem






Kontrol Operasi







Proteksi terhadap pusat data secara fisik





Kontrol Perangkat keras


Kontrol terhadap akses komputer


Kontrol terhadap akses informasi


Kontrol terhadap perlindungan terakhir


Kontrol apliksi CONTOH TINDAKAN

*menpublikasikan kebijakan control secara format
*menpubliksikan proseduer dan standar
*perekrutan personel secara hati-hati
*pemisahan tugas dalam suatu perkerjaan
*membuat rencana pemulihan terhadap bencana


*melakukan audit terhadap proses untuk menjadi pengendalian dan penelusuran sistem
*mengkaji implementasi
*memastikan bahwa pemeliharan yang dlakukan terorisasi
*mengaudit dokumentasi



*mengontrol akses terhadap pusat data
*mengontrol personel pengoperasi
*mengontrol pemeliharan peralatan-peralatan
*mengontrol penyimpanan arsip
*melindung dari virus



*mengontrol lingkungan
*melindungi terhadap kebakaran dan banjir
*menyimpan sumber listrik daruat




*sistem computer fault-tolerant


*mengidentifikasi dan melkukn otentikasi terhadap pemakai
*firewall


*Enkripsi



*Rencana pemulihan terhadap bencana
*asuransi


*control terhadap masukan pemrosesan dan keluaranya
*control terhadap basis data
*control terhadap telekomniksi


( TUGAS MATA KUL.PSK )

Jumat, 01 Oktober 2010

Fungsi-fungsi manajeman .

Fungsi Manajemen : Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengendalian - Belajar di Internet Ilmu Teori Ekonomi Manajemen

Dalam Manajemen terdapat fungsi-fungsi manajemen yang terkait erat di dalamnya. Pada umumnya ada empat (4) fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi pengendalian (controlling). Untuk fungsi pengorganisasian terdapat pula fungsi staffing (pembentukan staf). Para manajer dalam organisasi perusahaan bisnis diharapkan mampu menguasai semua fungsi manajemen yang ada untuk mendapatkan hasil manajemen yang maksimal.
Di bawah ini akan dijelaskan arti definisi atau pengertian masing-masing fungsi manajemen - POLC :
1. Fungsi Perencanaan / Planning
Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
2. Fungsi Pengorganisasian / Organizing
Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
3. Fungsi Pengarahan / Directing / Leading
Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
4. Fungsi Pengendalian / Controling
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

( www.google.com )