Senin, 17 Oktober 2011

PT Indofood Sukses Makmur, ( Bogasari)


PT Indofood Sukses Makmur, ( Bogasari)

Bogasari Flour Mills adalah divisi dalam PT Indofood Sukses Makmur, Tbk dan merupakan perusahaan penggilingan tepung terigu terintegrasi dan terbesar dalam satu lokasi.
sejarah
Ada begitu banyak milestone yang menandai pertumbuhan Bogasari.
Ada begitu banyak tinta warna-warni yang tergores melengkapi produk dan jasa yang terus-menerus diperbaiki kualitas dan kuantitasnya sesuai kebutuhan dan permintaan pasar. Ada begitu banyak moment dan event yang terekam, bahkan mungkin juga luput dari catatan kami.
 
Pabrik Bogasari di Tanjung Priok, Jakarta mulai beroperasi pada tanggal 29 November 1971. Setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 10 Juli 1972, dilakukan peresmian Pabrik Bogasari di Tanjung Perak, Surabaya. Saat ini Bogasari memiliki dua pabrik yang berlokasi di Jakarta dan Surabaya dengan total kapasitas produksi tepung sebesar 3,2 juta ton per tahun.
 
Bogasari memproduksi berbagai tepung terigu yang berkualitas untuk berbagai kebutuhan dan dipasarkan dengan berbagai merek utama antara lain Cakra Kembar, Segitiga Biru, dan Kunci Biru. Merek-merek utama tersebut merupakan merek yang telah mapan, dikenal luas dan dekat di hati konsumen. Guna menjawab kebutuhan konsumen akan berbagai jenis terigu untuk berbagai makanan, Bogasari melakukan berbagai terobosan dan mengembangkan berbagai merek lainnya seperti Cakra Kembar Emas, Lencana Merah, Taj Mahal dan lainnya.
 
Tepung terigu Bogasari tersedia di berbagai pelosok Indonesia melalui lebih dari 40 depo yang menyebar luas di berbagai daerah.,
 
Pada tahun 1991, usaha Bogasari telah diperluas dengan mendirikan pabrik pasta dalam kawasan pabrik Bogasari di Jakarta yang memproduksi jenis makanan asal Italia seperti spaghetti, macaroni, fettucini, dan lainnya, yang dipasarkan dengan merek La Fonte. Selain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dalam negeri, berbagai produk pasta tersebut juga diekspor ke mancanegara.
 
Kualitas Produk dan Layanan
Berbagai upaya terus dilakukan Bogasari guna menghasilkan produk yang berkualitas bagi konsumen. Peresmian Bogasari Milling Training Center dan Lab Center di dalam kompleks pabrik Bogasari Jakarta pada tahun 1996, merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kulitas sumber daya manusia dalam menghasilkan produk berkualitas. Sejalan dengan ketentuan dalam Standar Nasional Indonesia (SNI)., mulai tahun 1999, tepung terigu Bogasari pun diperkaya dengan vitamin dan zat gizi.
 
Upaya peningkatan produk dan layanan yang dilakukan juga telah mengantar Bogasari mendapatkan sertifikasi ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu), ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan), ISO 22000 (Sistem Manajemen Keamanan Pangan), dan OHSAS 18001 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja). Selain itu produk-produk tepung terigu Bogasari juga berhasil meraih berbagai penghargaan baik dari lembaga swasta maupun pemerintah.
 
Pengembangan Pasar
Guna mengembangkan pasar tepung terigu di Indonesia, pada tahun 1981 Bogasari mendirikan pusat pelatihan bakeri (baking school) di Jakarta dan kemudian di Surabaya pada tahun 1997 , ditujukan untuk melatih para wirausahawan baru di bidang pangan berbasis tepung terigu. Dalam perjalanannya, Baking School kemudian dikembangkan menjadi Bogasari Baking Center (BBC) dengan cakupan area yang diperluas di berbagai kota di Indonesia.
 
BBC kini telah menjadi salah satu ujung tombak pemasaran Bogasari. Berbagai program peningkatan keterampilan dan pengetahuan memasak makanan berbasis tepung terigu yang dimiliki antara lain program Sajian Bersama Bogasari (SBB) yang digelar melalui roadshow di berbagai kota di Indonesia, Lomba Cipta Kreasi Resep (LCKR) bagi siswa-siswi jurusan Tata Boga tingkat SMK dan Perguruan Tinggi, demo masak, dan berbagai paket pelatihan khusus BBC lainnya.
 
Selain itu, pelatihan khusus bagi para mitra Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dilakukan Bogasari juga terus dikembangkan. Dengan konsep ”Mitra Tumbuh Bersama”, sejak tahun 1998 Bogasari mendorong para mitra usahanya agar tumbuh menjadi pengusaha makanan berbasis tepung terigu yang mandiri dan berkembang. Program “Sukses Bersama Bogasari”, yang digelar secara periodik, merupakan upaya edukasi bagi UKM dalam mengembangkan resep dan teknologi memproduksi makanan berbasis tepung terigu.
 
Sebagai wadah komunikasi dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara para UKM, maka dibentuklah paguyuban-paguyuban UKM dari berbagai segmen seperti mi ayam, roti, martabak, gorengan, dan lainnya. Hadirnya “Wacana Mitra”, yaitu sebuah media yang diterbitkan bagi UKM diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan dan informasi guna pengembangan usaha mereka. 
 
Pada tahun 2002, pembinaan UKM mitra Bogasari lebih dikembangkan lagi dan ditata dalam program loyalty Bogasari Mitra Card (BMC) yang antara lain memberikan manfaat bagi para anggotanya berupa kemudahan untuk mendapatkan tepung terigu, pelatihan-pelatihan, dan dalam perkembangannya memberikan tambahan manfaat lain yakni jaminan asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan dan asuransi kebakaran.
 
Sebagai pelaku industri pangan, Bogasari juga memiliki komitmen dalam upaya mendukung ketahanan pangan nasional yaitu dengan menggelar program Bogasari Nugraha sejak tahun 1998. Program yang berupa pemberian bantuan dana penelitian bagi kalangan mahasiswa dan peneliti ini diharapkan turut mendorong lahirnya riset-riset unggulan khususnya dalam upaya penganekaragaman pangan untuk mencapai ketahan pangan nasional. Program ini terus berlanjut dan ditingkatnya skalanya hingga kini berubah namanya menjadi Indofood Riset Nugraha.
 
Perjalanan Bogasari dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan pelanggan melalui penyediaan produk-produk berkualitas akan terus berlanjut seiring dengan komitmen Bogasari dalam upaya untuk turut membangun gizi bangsa.

(google.com)